7 HAL PENTING MEMBUAT SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK
-
Bimbingan Karir
-
10 Agustus 2019 21:58:14 WIB
-
ADMINISTRATOR
-
dibaca 32413 kali
KIAT SUKSES MERAIH KERJA
Bekerja adalah keinginan semua orang karena bekerja merupakan tuntutan untuk memenuhi kebutuhan hidup. sebagian orang merasa frustasi karena sulitnya mendapatkan pekerjaan, meskipun sudah berusaha mencari dan mengirimkan banyak lamaran pekerjaan namun tidak sedikit pula orang yang dengan mudahnya berganti-ganti pekerjaan untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan keinginannya. meskipun proses pencari kerja sudah terjadi sejak lama namun tak sedikit orang yang masih belum mengetahui bagaimana cara menulis surat lamaran kerja dengan baik.
A. CARA MEMBUAT SURAT LAMARAN YANG BAIK.
Yang terpenting dari menulis surat lamaran adalah lembar pembukaan yang dikirim bersama dengan Curriculum Vitae (CV) serta lampiran yang dibutuhkan oleh perusahaan. Untuk membuat surat lamaran pekerjaan yang baik, sebelumnya perhatikan dulu beberapa hal sebagai berikut:
1. Jangan menulis ulang yang ada di CV
Surat lamaran pekerjaan seharusnya memang menjelaskan apa pencapaian kalian dalam beberapa hal yang ada di CV. Namun usahakan jangan membuatnya sama dengan CV yang kalian tulis sebagai lampiran. Coba rangkum pencapaian dan data kalian dengan singkat dan menggunakan kata-kata yang menarik.
2. Paragraf Pertama dan Terakhir
Perhatikan paragraf pertama dan terakhir pada surat lamaran kerja. pastikan bahwa paragraf awal tidak berbelit-belit dan langsung ke pokok bahasan. Paragraf awal harus jelas dan bersifat menjual. sementara di paragraf terakhir harus terlihat tegas dan meminta mereka menghubungi jika berkenan. Jangan buat paragraf terakhir yang mengambang, terlihat tak peduli atau terlalu berharap dengan cara yang buruk.
3. Bicarakan Perusahaan
Sebelum menulis surat lamaran pekerjaan, lakukan dulu beberapa penelitian terkait perusahaan. Pihak perusahaan akan senang jika pelamar mengetahui banyak hal tentang merek. Namun jangan berbusa-busa, tetap jelas dan tunjukan bagaimana perusahaan tersebut mempunyai kesan yang baik dan dibidang apa yang cocok bagi pelamar untuk dapat berkontribusi.
4. Jangan Sebutkan Semua Kemampuan
Semua kemampuan dan keterampilan yang dimiliki pelamar tentunya sudah ada di CV yang dilampirkan. Untuk itu jangan repot-repot menyebutkan semua disurat lamaran pekerjaan. Sebutkan tiga atau maksimal lima saja kemampuan serta pengalaman yang dianggap terbaik dan sesuai dengan pekerjaan yang akan dilamar.
5. Tunjukan Kepribadian
Pastikan surat lamaran kerja yang ditulis dapat mencerminkan betapa antusiasnya anda untuk mendapatkan pekerjaan tersebut. Jangan gunakan kalimat negatif dan gunakan kalimat kerja aktif yang dinamis.
6. Tanda Tangani Surat Lamaran Kerja
Kecuali penggunaan lembar lamaran kerja khusus dari perusahaan atau online, pastikan anda menandatangani surat lamaran kerja yang dikirim. Ini mungkin terdengar kuno, namun ini menunjukan keaslian dari anda melalui tangan.
7. Presentasi Surat
Meski isinya sangat menarik, namun jika surat lamaran kerja yang dibuat jelek, kotor, penuh dengan tip-ex dan salah ketik, maka nilai lamaran anda akan berkurang. Untuk itu, sebelum mengirimnya, cek ulang pada teman atau keluarga untuk membacanya dan mencari tahu kesalahannya sebelum dikirim.
Beberapa hal penting yang perlu diperhatikan untuk membuat surat lamaran kerja yang baik dan dapat menarik perhatian pihak perusahaan. Sebaiknya bila anda ingin mengirim surat lamaran kerja, diusahakan mengirimnya di hari senin, sehingga mendapatkan hasil yang optimal dan sukses.
Sumber: Direktorat Jenderal Binapenta (2016). Kiat Sukses Meraih Kerja. Jakarta: Kementrian Ketenagakerjaan RI.
Bimbingan Karir Lainnya
Bagaimana Lulusan Baru menjawab pertanyaan tentang Pengalaman pada saat wawancara?
Menurut salah satu riset di tahun 2020, sebanyak 17,34% peserta konseling menganggap tahapan Interview masih menjadi momok yang menakutkan. Ditambahkan hasil data psikotes ribuan kandidat yang di tes oleh tim Human Capital perusahaan menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi masih menjadi aspek…
BEKERJA KE LUAR NEGERI SECARA LEGAL DAN AMAN
Menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) adalah keputusan perubahan hidup yang penting dan Anda harus mempersiapkannya dengan baik.Ada banyak keuntungan bekerja di luar negeri tetapi juga banyak resiko dan tantangannya.Seseorang yang bekerja ke luar negeri harus memiliki dokumen resmi. TKI tidak…
MENGASAH KEMAMPUAN UNTUK MENJAMIN MASA DEPAN KARIR
Di situasi saat ini, sebuah hal yang wajar jika status pekerjaan menjadi hal yang dikhawatirkan oleh semua orang. Momen ini penuh dengan ketidakpastian, namun tantangan besar ini dapat menjadi peluang untuk membuat perubahan berarti. Pandemi COVID-19 mendorong banyak perusahaan untuk…
PROSEDUR KEPULANGAN TKI SECARA MANDIRI
TKI Pulang Secara Mandiri :~ Mampu mengurus dirinya sendiri~ Mampu mengurus Dokumen dirinya sendiri~ Mampu secara fisik dan mental untuk pulang sendiri tanpa bantuan pihak lain~ Mampu menjaga keamanan dan keselamatan diri sendiri serta barang bawaannya sampai ke daerah asalProsedur Kepulangan TKI…
Hindari Hal Berikut Saat Negosiasi Gaji
Menurut Donna Farrugia, executive director dari The Creative Group, kesuksesan dalam proses negosiasi gaji harus diawali dengan persiapan diri secara baik. Seperti dilansir intisari-online.com, penelitian mengenai hal ini telah dilakukan terhadap 500 responden. Sebanyak 375 orang adalah eksekutif pemasaran dan 125 orang merupakan eksekutif periklanan. Berdasarkan…